Strategi Pemasaran Yang Akan Meningkatkan Bisnis Anda
Strategi Marketing adalah usaha si pembisnis untuk menjangkau sasaran target customernya, dan mengubah mereka untuk menjadi customer tetap agar terus bergantung kepada jasa maupun produk yang di jual.
Sebagai gambaran, mungkin anda
pernah melihat beberapa toko restoran ataupun kafe di mana dulu sempat hits dan
sekarang tidak terdengar lagi, bahkan sudah tutup karena kalah tersaingi oleh saingannya yang menerapkan strategi marketing yang lebih baik. Tak ada
pemilik bisnis manapun yang menginginkan kejadian semacam ini terjadi. Menjadi seorang
pembisnis harus mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan selalu
melakukan penyempurnaan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting mempelajari
bagaimana strategi pemasaran untuk bisnis anda.
![]() |
| Strategi Pemasaran Yang Akan Meningkatkan Bisnis Anda |
Ada 4P Dasar strategi pemasaran yang harus Anda ketahui sebagai berikut.
1. Perumusan Produk (Product).
Yaitu proses
pengenalan produk kepada konsumen, membuat mereka tertarik pada produk tersebut
sehingga terjadilah konversi di mana produk terjual.
2. Target Pasar Yang Mempengaruhi Harga Produk (Price).
Jenis barang apa
yang kita jual, dan konsumen yang seperti apa yang membutuhkan produk haruslah tepat
pasar potensial. Agar kita pembinis mengetahui apa yang saat dibutuhkan oleh
konsumen.
3. Tempat di Mana Produk Itu Akan Dipasarkan (Place).
Untuk tempat
pemasaran produk atau usaha yang kita miliki haruslah yang strategis dan mudah
di jangkau orang – orang .
4. Dari Media Apa Konsumen Akan Mengenali Produk Kita (Promotion).
Di jaman
sekarang ini kita dapat mempromosikan usaha atau produk kita dimana pun secara
langsung maupun online mengunakan berbagai media sosial dan media promosi
apapun. Maka dari itu manfaatkanlah media yang ada.
Strategi marketing yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.
Menciptakan Brand yang khas
Membangun citra yang baik meningkatkan brand awareness agar masyarakat mudah ingat dengan usaha yang anda miliki, dan memberikan keyakinan bahwa produk tersebut benar -benar memiliki kualitas. Identitas brand yang dibangun terdiri dari hal yang mengandung informasi terkait apa yang anda dijual, dan seperti apa persaingan bisnis anda saat ini. Beri tahu kepada calon konsumen kelebihan - kelebihan yang ada di usaha anda, dan juga berikan alasan mengapa konsumen harus memilih menggunakan produk anda.
Riset Pasar
Tren pasar selalu berubah dengan cepat, anda harus rajin mengamati keadaan sekitar riset kecil - kecilan. Karena jika kita telah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini, maka tidak akan terlalu sulit mencari konsumen karena bisa saja konsumenlah yang akan mencari produk yang kita pasarkan. Dengan mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepan.
Kelola Hubungan Dengan Konsumen
Tujuan utamanya
untuk mendapatkan konsumen yang loyal, konsisten dan tidak akan berpaling
kepada brand lain. Hubungan dengan konsumen ini dapat dijaga dengan cara
membuat kartu member mendapatkan hadiah dan lain sebagainya dan membuat nyaman
konsumen.
Pemasaran Transaksional
Yaitu untuk mampu menarik konsumen, anda dapat menghadirkan kupon belanja, diskon, promosi, dan acara-acara besar. Akhirnya, konsumen tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang dijual. Dengan catatan dapat memenuhi target penjualan tanpa mengalami kerugian.
Promosi Media Sosial
Saat ini orang lebih aktif menggunakan media sosial, promosi media sosial juga mudah digunakan, irit biaya, dan bisa menjangkau banyak target. strategi ini banyak diterapkan oleh berbagai macam usaha. Gunakanlah situs atau aplikasi social networking seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya.
Pemasaran Konten
Yaitu menciptakan serta mendistribusikan konten yang bernilai, inovasi, dan konsisten guna menarik konsumen. Pemasaran melalui konten dapat diterapkan usaha kecil atau besar. Agar konten yang diciptakan berkualitas tinggi dan mampu menarik minat konsumen, perusahaan harus memiliki pembuat konten yang kompeten.
Earned media (public relation)
Seperti mengadakan seperti; testimoni media sosial, dan akan ada pembicaraan dari mulut ke mulut atau bisa disebut word of mouth, membicarakan produk melalui sosial media, youtube, televisi radio, dan sebagainya.
Mengadakan Open House
Strategi marketing ini cocok dilakukan jika anda memiliki bisnis kuliner atau fashion. Agar acara yang anda selenggarakan ramai, coba beberapa media sebagai sarana promosi.
Mengikuti Acara Pameran Atau Bazaar
Keuntungannya bisnis anda memiliki kesempatan dikenal oleh masyarakat. Saat bazar nantinya anda akan menenmukan banyak kompetitor yang mungkin memiliki bisnis sejenis. Maka dari itu, anda harus mendekorasi stand se -menarik mungkin agar calon konsumen tertarik mengunjungi stand anda.
Gabung dengan Forum Pengusaha
Anda dapat melakukan sharing antar pembisnis atau dapat melakukan kerja sama bisnis. Sehingga anda akan memiliki relasi dan pengetahuan baru. Ini merupakan hal yang positif.
Itulah strategi pemasaran yang
dapat membantu anda dalam merencanakan strategi pemasaran agar bisnis yang ada
jalankan sukses dan berkembang kedepannya. Ayo mulai lebih awal agar anda
segera meraih kesuksesan.
